Chat with us, powered by LiveChat

Begini Cara Mudah Cegah Mag Kambuh

Masalah mag merupakan salah satu hal yang kerap dialami banyak orang. Munculnya penyakit ini biasanya dipicu oleh kebiasaan makan yang tak teratur. Lantas bagaimana mencegah munculnya mag ini?

Mengatur waktu dan pola makan yang baik adalah kunci mencegah mag kambuh seperti disampaikan dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Hendra Nurjadin.

“Pola makan harus baik. Boleh pas sarapan cukup dengan snack (camilan). Jangan banyak makan dan terlalu kenyang jelang makan siang,” tutur Hendra saat ditemui di┬áJakarta.

Sesi snack bisa antara pukul 09.00 dan 10.00 pagi. Lalu. camilan sore antara pukul 15.00 dan 16.00. Pastikan juga saat makan berat porsinya tidak berlebihan.

Ketika seseorang memiliki pola makan tidak teratur hal ini membuat lambung jadi sensitif. Hal ini kemudian berujung pada peningkatan asam lambung.

Ketika produksi asam lambung berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus. Seseorang akan merasa nyeri pada ulu hati, yang merupakan salah satu tanda sakit maag.

“Asam lambung naik secara berlebihan ke esofagus (kerongkongan). Jadi, sakit mag itu menyasar pada saluran pencernaan bagian atas (kerongkongan),” tandas Hendra.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *